TANYA JAWAB

1. Bagaimana Proses Belajar Mengajar di SAKA?

Proses belajar mengajar untuk KB-RA sama seperti proses belajar mengajar sekolah formal. Siswa hadir dan  datang setiap pagi, Senin hingga Jumat pukul 07.00 sampai 16.00 WIB untuk pilihan KB + Daycare, dan 7.30 sampai 10.00 WIB untuk reguler. SAKA Flexischool untuk jenjang SD, SMP dan SMA sesuai dengan pilihan layanan dan kebutuhan siswa yang sangat fleksibel.

2. Apakah Kurikulumnya Sama Seperti Sekolah Formal?

Kurikulum SAKA sama seperti kurikulum sekolah formal pada umumnya. Muatan mata pelajaran dan penilaiannya juga sama seperti sekolah formal. Namun jika dibandingkan dari segi fleksibilitasnya, pelaksanaan kurikulum di SAKA dinilai jauh lebih efektif dibanding sekolah formal karena kepadatan muatan dan waktunya dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa.

3. Jika pembelajarannya dilakukan di rumah, bagaimana prosedurnya?

Peserta  akan didampingi oleh pengajar/tutor  yang disediakan oleh lembaga penyelenggara SAKA. Tutor setelah dipilih, selanjutnya akan mendatangi rumah orang tua untuk berdiskusi tentang karakteristik belajar anak, muatan kurikulum yang diinginkan orang tua dan jadwal pertemuan pembelajaran dengan anak.

4. Apakah Menerima Pindahan Dari Sekolah lain?

SAKA merupakan layanan pendidikan yang dinaungi oleh Kemenag dan Dinas Pendidikan khususnya bidang Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Non Formal. Perizinan  juga telah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Pemerintah. Berdasarkan atas penjelasan tersebut, maka SAKA resmi  sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan, dapat menerima siswa pindahan (mutasi) dari sekolah formal lain baik formal maupun non formal.

5. Apakah Ada Ujian  dan Dapat Ijazah?

Karena struktur dan muatan kurikulum yang dimiliki SAKA sama dengan kurikulum nasional, maka siswa juga mengikuti program Ujian Sekolah dari pemerintah. Termasuk adanya ulangan harian (UH), ulangan tengah semester (UTS), ulangan akhir semester (UAS) dan ulangan kenaikan kelas (UKK). Seluruh kegiatan penilaian tersebut waktunya sama seperti sekolah formal lainnya, hanya proses pembelajarannya yang penuh dengan fleksibilitas. Oleh karena adanya serangkaian ulangan tersebut, maka sudah tentu SAKA mendapatkan ijazah. Ijazah tersebut merupakan Ijazah penyetaraan Paket A (untuk SD), Paket B (untuk SMP) dan Paket C (untuk SMA).

6. Apakah Siswa SAKA Bisa Melanjutkan Ke Sekolah Formal dan Bisa Kuliah?

Jawaban ini terintegrasi dengan jawaban nomor 4. Karena lulusan SAKA memiliki ijazah secara resmi Paket A,B dan C yang kedudukan secara hukum setara dengan sekolah formal, maka siswa lulusan  dapat melanjutkan ke sekolah formal dan juga bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

Scroll to Top